Cara Membedakan Baterai Laptop Asli Original Dan Palsu Atau KW

0
164


PojokLensa Gadget

Baterai pada laptop memang sangat berpengaruh pada aktifitas mobile kita , apalagi bagi kita yang sangat sibuk meeting atau rapat , karena dengan baterai laptop yang cepat habis daya listrik nya akan sangat merepotkan kita , cepat atau lambatnya baterai laptop habis bisa di sebabkan karena kurang bagus nya kualitas baterai kita , nah berikut ini adalah tips membedakan dan ciri ciri baterai laptop asli original dan palsu atau KW

Normalnya baterai laptop akan bertahan selama 3 jam an dalam kondisi menyala dan aktif , dan bila baterai tersebut sudah di pakai selama bertahun tahun , dari tahun ke tahun akan menurun daya tahan baterai tersebut , dan apabila dalam kondisi terburuk , baterai laptop akan tidak bisa di pakai lagi dan solusi langsung hubungkan ke aliran listrik dengan charger atau bisa ganti baterai baru , namun dengan menancapkan ke lairan listrik bukanlah solusi terbaik , bayangkan di saat anda sedang membutuhkan laptop , namun terjadi pemadaman listrik , akan sangat merepotkan

pilihan terbaik dalam mengatasi baterai laptop yang rusak adalah dengan mengganti dengan baterai baru , namun baterai laptop yang beredar di pasaran tidak semuanya asli atau original , malahan bisa di katakan 60% baterai yang beredar di toko toko atau mall merupakan baterai KW

Perbedaan Baterai Laptop Original dan Palsu

Baterai Original
1. Original Service Center (OSC)
Baterai jenis ini merupakan baterai yang anda beli langsung dari service center resmi laptop anda. Dengan membeli langsung di service center resmi, sudah dipastikan baterai yang anda beli merupakan 100% baterai original. Dengan jaminan kualitas yang tentu saja sangat bagus. Akan tetapi, jika dilihat dari sisi harga, baterai original yang kita beli langsung dari service center memang tidak murah. Jika budget yang kita punya tidak besar, maka biasanya kita sebagai konsumen akan berpikir ulang terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membelli baterai original.

Baca Juga :  Inilah mobil Jepang Irit , mewah dan murah harga 60 jutaan , Suzuki Maruti

2. Original Equipment Manufacturer (OEM)
Baterai OEM sebenaranya merupakan baterai yang sama dengan baterai original di service center resmi. Hal yang membedakannya adalah tidak didistribusikan langsung melalui service center resmi. Sehingga harganya bisa lebih murah dibanding dengan baterai yang dibeli di service center resmi. Namun, keaslian dari baterai masih diragukan, karena biasanya ada beberapa penjual yang nakal yang menyebutkan bahwa produk yang mereka jual original padahal bukan. Kalau sudah begitu, kita sebagai konsumen akan sangat di rugikan karena kita membeli baterai yang bukan original dengan harga tidak jauh berbeda dengan baterai original.

Baterai Non Original
1. Original Merk
Baterai ini merupakan baterai yang dibuat oleh pihak ketiga secara resmi, baterai ini mempunyai merk, dan bergaransi karena ada perusahaan yang bertanggungjawab atas produk baterai ini. Baterai ini mempunyai kuallitas yang hampir mendekati kualitas baterai original. Harga baterai ini juga lebih murah dibandingan harga baterai original.

2. Original Non Merk
Hampir sama dengan baterai merk, baterai non merk ini dibuat oleh pihak ketiga namun tidak tahu oleh siapa. Walaupun baterai ini tidak mempunyai merk, namun tidak berarti baterai ini berkualitas jelek. Karena terkadang ada beberapa toko yang berani memberikan garansi. Hal itu membuktikan bahwa walaupun baterai ini bukan merupakan baterai original, tapi cukup berkualitas..

3. Non original (palsu)
Baterai ini dibuat dengan memalsukan merk aslinya. Baterai ini harus kita waspadai     karena mempunyai merk yang sama dengan baterai asli dan dengan harga yang murah. Baterai jenis ini banyak beredar di pasaran dan cukup banyak diminati konsumen.

5 Tips Cara Agar Mengetahui Baterai Laptop Original dan Palsu

1. Amati ciri fisik baterai laptop atau handphone terdahulu anda.
Amatilah kapasitas baterai yang tertera pada baterai anda, kemudian amati juga stiker, hologram, dan barcode yang menempel pada baterai, Apakah ciri-ciri tersebut terdapat pada baterai yang akan anda beli? Jika iya berarti baterai yang anda beli memang original.

Baca Juga :  Toritourial Cara Menambang BITCOIN Dengan Mudah Menggunakan Bitminer Secara Gratsi - Seputar Bitcoin

2. Memilih Tempat Membeli
Memilih tempat membeli merupakan hal yang paling pertama bisa anda lakukan. Jika anda menginginkan baterai yang 100% original, tentu saja dengan membeli langsung di servise center resmi. Namun jika anda ingin membeli barang original yang harganya lebih miring atau barang non original yang berkualitas lumayan bagus maka yang harus anda lakukan adalah dengan memlilih counter yang anda kenal sehingga mereka akan berkata jujur dengan kualitas barang yang amereka jual.

3. Kemasan
Kemasan pada produk baterai yang original dan palsu memang berbeda, kemasan pada produk yang original memiliki warna yang lebih jelas dibandingkan kemasan pada produk yang palsu. Begitupun tulisan yang terdapat pada kemasan, biasanya tulisan yang tertera pada kemasan produk baterai lebih jelas dibanding pada kemasan produk yang palsu.

4. Harga
Harga juga merupakan salah satuindikator untuk menentukan bahwa produk tersebut originl atau palsu. Pada dasarnya, poduk baterai yang original mempunyai harga yang mahal dengan kisaran yang sama di setiap tokonya, jika suatu toko mewarkan produk baterai yang original dengan harga yang lebih murah dari harga pasaran produk original, itu patut kita waspadai.harus kita teliti terlebih dahulu keasliannya. Namun terkadang ada juga yang menawarkan produk baterai non original dengan harga normal produk baterai original. Untuk itu, ketelitian kita saat membeli harus lebih ditingkatkan.

5. Garansi
Pilihlah produk yang bergaransi, karena biasanya produk baterai yang asli akan diberikan garansi langsung dari produsen produk yang bersangkutan, jika garansi yang diberikan adalah garansi toko atau garansi distributor maka bisa jadi kalau produk tersebut adalah produk non original.

Itulah informasi tentang seputar Perbedaan Baterai Laptop Original dan Palsu, saran kami, jika anda memang ingin membeli barang yang original, lebih baik anda membeli barang langsung di service center resmi. Itu akan mengurangi resiko penipuan. Namun, jika anda memang sudah dapat membedakan mana baterai yang original atau bukan, membeli di toko juga boleh, karena jelas akan lebih menguntungkan. Kita bisa mendapatkan baterai original dengan harga yang lebih murah.

Baca Juga :  Trending Video Heboh Meski Putus Sekolah, Illa dan Alika Hanya Ingin Yana Zein Sembuh - Cumicam 02 Februari 2017

PojokLensa Gadget



sumber

LEAVE A REPLY